DESA WAIHATU.KECAMATAN KAIRATU BARAT.KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT.PROVINSI MALUKU

Selasa, 17 Maret 2015

Pemerintah Desa Waihatu Lakukan Tindak lanjut Program di Bidang Penyelamatan Air

Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) Sebagai Implementasi Undang - Undang No. 7 / 2004 Tentang Sumber Daya Air (SDA)



Peningkatan bencana banjir dan tanah longsor, kekeringan dan defisit air serta degradasi kualitas air, membuktikan bahwa "kondisi sub sistem SDA alamiah" yaitu "keseimbangan siklus hidrologi pada daerah aliran sungai (DAS)" sudah terganggu dratis mencapai kondisi krisis. Penyebab mendasar terjadinya krisis SDA adalah masih rendahnya kinerja tata pemerintahan terkait air (water governance). Tanpa upaya dan kebijakan baru akan terjadi kegagalan sistem SDA, yang dapat berakibat pembangunan ekonomi sosial mengalami stagnasi. Dalam rangka implementasi UU 7/2004 tentang SDA, sebagai kebijakan baru untuk mengatasi krisis SDA pemerintah telah mencanangkan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA),
yang memuat enam komponen penyelamatan air, diantaranya :
1. Penataan ruang, pemabngunan fisik, pertanahan dan kependudukan,
2. Rehabilaitasi hutan dan lahan serta konservasi SDA,
3. Pengendalian daya rusak air,
4. Pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran,
5. Pengematan penggunaan air dan pengelolaan permintaan air,
6. Pendayagunaan SDA secara adil, efisien dan berkelanjutan.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial pemerintah desa Waihatu bersama masyarakat desa membentuk sebuah tim ( kelompok kerja ) di bawah pengawasan Kementrian Pekerjaan Umum. Kegiatan tersebut sudah berlangsung untuk kedua kalinya dan berjalan dengan lancar.  Dengan memanfaatkan dan menggali seluruh potensi SDA yang terdapat di desa, tim pokja telah berhasil menyusun draft yang nantinya dilaporkan ke pemerintahan pusat agar dijadikan bahan pertimbangan pembangunan ke depannya.  Oleh karena itu, Untuk menunjang keberhasilan GNKPA diperlukan keterpaduan perencanaan dan program serta pelaksanaan yang sinkron dari semua stakeholder SDA, dalam suasana dan hubungan kerja sama yang mengedepankan prinsip kemitraan.  Semoga dengan adanya kegiatan tersebut, pembangunan di desa Waihatu semakin membaik khususnya dalam bidang pengembangan infrastruktur penyelamatan air.


Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+
Comments
0 Comments